Arsip

All posts for the month September, 2012

#1 Monday

Published 14 September 2012 by akunurmadiah

1st Day/ 初日Shonichi

Pukul 05.00 pagi.

Hari Senin berarti hari yang baru untuk memulai aktifitas kembali setelah refreshing dari rutinitas. Bagi ku yang anak sekolahan, ini adalah hari sekolah pertama dan aktifitas baru lagi.Shalat subuh dan lembaran baru, Surah-surah baru, ayat baru, dan halaman baru dalam al-qur’an memulai segalanya dihariku.

Namun terkadang, rasa malas untuk bangun pagi  menghampiri diriku pada hari senin.Biasalah, adaaaaa aja alasannya kenapa ”Malas” bangun pagi. Tuntutan PEER+UPACARA HARI SENIN,,,, PANASSSSSSSSS,,,,,,,, tapi sebenarnya ada sisi fun nya juga seh, itu sebabya kenapa setiap aku mengenang masa-masa sma aku selalu tersenyum. Kisah dimulai dari rumah di BKP. Jarum jam menunjukkan waktu pukul 06.00.Gue yang waktu itu ngantuk abisss sambil merapikan jilbab yang acak-acakan, tiba-tiba mama memanggil,,,,,

”Diah,,,, cepat keluar kamar, nanti kamu telat kesekolah,,,, kamu belum makan kan????” seru mama dari ruang keluarga. ”Huh,,,,  sahutan pagi diawal senin. konyol, ah udah gede gini masih suka dipanggilll kayak gitu. kayak orang dilatih militer aja” ketusku.Trussss,,,, nggak lama setelah mama memanggil, tiba-tiba adek bungsu gue yang super nyebelin ikut2an berkoar  ala mama. ” Diah cepetan makan.” nanti gak diantar bapak loh,,, sahut adikku itu. ”nih, aku udah selesai kok, sahutku sambil keluar dari kamar. Sejurus dari situ, aku, dan  2 adikku bergegas menuju ruang makan. Ditengah acara breakfast, aku beraksi bareng hp q,, What am I doing??? heheheh biasalah curcol di twitter.” Duh, benci banget  deh hari senin. Mana ada Peer, + upacara hari senin..mana GURU KILLER nya bikin gondog lg#BADMONDAY”. Yach begitulah curhatku di twitter.Dan setelah selesai santap pagi, waktunya berangkat ke sekolah. Sebelum pergi, aku pastiin dulu gak ada yang terlupakan didalam tas. Dan,,,,, sebelum pergi pamitan dulu sama mama plus cium tangannya. *anaksolehhhhh,,pinterrr :D*

”Ma, kami pergi dulu yach,,, ” sahut kami sebelum naik mobil.dan mama menyambung nya dengan kata seperti ini.” iya, hati-hati ya sayanggg, jangan nakal-nakal,,, hihihihih, dasar ortu, kadang-kadang suka lucu kalau kasih petuah. tapi yang seperti itulah yang aku rindukan ketika di SMA dulu.

Tiba di Sekolah……..

Waktu sudah menunjukkan pukul 06.45,wah, pas banget neh. sebelum turun dari mobil, salaman sama bapak dulu. dan akupun bergegas cepat menuju ruang kelasku. :)))

”Hai Diah,, sapa Yuni sobat ku. Hai juga”,,, sapaku. ”eh, kamu diantar sama bapak ya???”  tanya temanku itu.kok, kamu tahu?” tanyaku. Dan Yuni menjawab, ” sama, donggg 🙂 ”hihihihihihihi :)))) kamipun tertawa bersama.. Tiba-tiba, ada pengumuman  yang bersumber dari speaker yang berpusat di kelasku, XI IPS 3. ”Disampaikan kepada seluruh siswa Man I Kendari agar segera menuju lapangan guna melaksanakan upacara pagi,,, 1X lagi, disampaikan kepada seluruh siswa Man I Kendari agar segera menuju lapangan guna melaksanakan apel pagi.” Sahut seorang cowok yang memberi pengumuman singkatnya.”eh, Yun, aku ke kelas dulu yaaa,,mau simpan tas dulu,” ok tapi cepat ya, nanti kita dimarahi kalau telat.”

Setibanya di kelas XI IPS 3, aku bertemu Yusrina, sobatku dikelas XI IPS 3, ”hi…… Yus,  ‘Hai’ juga, eh, sebentar lagi mau upacara , cepetan yaaa Diah, kata temanku mengingatkan.”Sip deh, ” ujarku sambil mengacungkan jempol.kita barengan, yaaa.”hmmm duluan aja dech, nanti aku nyusul.” jawabku.” ya sudah kalau begitu, aku tunggu yaaa”’. Tidak lama kemudian, sobatku pergi mendahuluiku menuju lapangan, aku saat itu sangat terburu-buru mengikat tali sepatu, sebab itulah, aku menyuruhnya untuk pergi duluan. Namun tiba-tiba, ada cowok yang dengan galaknya menghampiri diriku,, ada sesuatu yang ingin dikatakannya.

 

”eh cewek,  sebentar lagi mau upacara, jangan terlambat.Kalau tidak  guru2 bisa menghukummu karena keterlambatanmu itu. Jadi cepatlah bergegas.” Wow, kata-katanya tegas banget. kagumku  dalam hati. Cowok yang memberiku peringatan itu tidak lain adalah MASRUDI ketua Osis di MAN I KENDARI dan siswa di kelas XI IPA 1 yang tadi pagi mengumumkan waktu upacara. Dan aku meresponnya dengan nada agak gugup. ” ehhhh, iyyya, aku akan bergerak cepat, ini saya sudah selesai. ”Hmm , kalau begitu cepatlah bergegas dan segera bergabung dengan teman-teman yang lain.”tegasnya sambil menganggukkan kepala. Tanpa banyak bicara lagi, dia pergi meninggalkan kelasku dan mendahuluiku untuk menujun lapangan.Begitu dia pergi, akupun langsung bergegas mencari barisan kelas XI IPS 3  dan, akhirnya ketemu. aku bersampingan dengan dengan sahabatku, Yusrina. Upacara pun dimulai. Yang bertugas untuk menjadi bagian dari jalannya upacara pada kesempatan kali itu adalah, anak kelas XI IPA 1, namun sebelum itu kami melihat aksi 3 orang dari kelas XI IPA 1 berlatih menjadi penggerak bendera.Sangat menarik perhatian, karena yang bertugas menaikkan bendera itu  cukup dikenal banyak murid karena masuk di sebuah co – curiculer . Mereka adalah Alfa Syahrin,seorang anggota paskibra MAN 1 Kendari, Andi Fitriani, Seorang pengurus osis, kira-kira dia menjabat sebagai sekretaris, dan ada 1 orang cewek lagi, yang tidak aku ketahui namanya, dia juga pengurus osis. Namun, ada yang lebih menarik perhatian kami para gadis,   ” kyaaaaaa, eh, itu si ketos kan?” sahut si Ana, teman sekelasku ya heboh banget waktu lihat MASRUDI  yang jadi pemimpin upacara. ihc,,, gantengnya dia ” sambung Nani, si GALAXY. bukan cuma mereka saja yang terkagum-kagum, teman-teman yang lain pun ikut memuji si KETOS. ”cuy, cakep juga tuch cowok, ”celoteh si Dewi, mendengar komennya, aku hanya diam dan terus memperhatikan kedepan. Di dalam hati, aku hanya bisa tersenyum dan kagum ”He’s  so cool n Hansom. He look so ellegant  with his style.” Tibalah waktunya upacara bendera.acara yang berlangsung 2 Jam plus membuat kaki keram n kepanasan perasaanpun ikut gerah, sampai-sampai tidak sedikit juga yang jatuh pingsan saking lamanya berdiri.

Waktunya Masukkk,,,,

”huft, capek juga ikut upacara pagi,”  keluh Yusrina. ”yups, benar banget.”  kataku. ”BTW, kamu udah kerjain tugas yang dikasih sama Mrs. Sukma minggu lalu belom?? tanya yusrina. Hmmmm,,,, tiba-tiba aku lupa, kalau sebenarnya aku telah menyelesaikan tugas dari mrs. Sukma. ”say, tunggu yach di cek dulu. yups,,, udah, nih punyaku. ” Yusrina pun meraih buku catatan dari tanganku yang bercover kartun UPIN dan IPIN.

 

”Bu guru sudah datang,,,,,,, sahut Hadijah yang baru saja keluar dari kelas untuk mengambil buku jurnal dari ruang guru.Bersamaan dengan itu, Mrs. Sukma pun masuk.”Assalamualaiku,,,” Wa alaikumussalam……” Please, prepare your class. ”attention please, stand up,,,, Greating to our teacher….. ”Good Morning Mrs.” Good morning, child, how are you?”

”Im fine thank you, And you?? Im fine too.” Sit down, please. Mrs. Sukma memulai pembicaraan. ” Anak-anak, hari ini ibu tidak mengajar dulu, karena ibu akan mengikuti rapat guru.Nah, sebagai gantinya ibu akan memberikan tambahan tugas.Dan jangan lupa untuk dikumpul jam 12.00 siang. Baik, silahkan kalian kerjakan tugas, ibu akan mengikuti rapat.”

Dan,,,,, kami mulai mengerjakan tugas yang diberikan Mrs.Sukma.Aku dan Yusrina mengerjakan tugas bersama-sama. ”What a bored, mending setel mp3  ach, biar gak galau. Waktu itu aku puterin lagunya Michael Jackson ”Trhiller dan Black or White.” wuihhhhh,,,,, langsung segar 500 wattt dah.#alaykumat#.di tengah asyiknya kerja tugas n dengerin musik Michael Jackson Favorit ku, tiba-tiba ehmmmmmm,,, my Unyu-Unyu IDOL *kyaaaaaa*, MASRUDI #eitzz biasaajagakbolehbocorrr# datang kekelas gue, aseeekkkkk, but upsss, sahutku dalam hati. Karena sejak kedatangan MASRUDI, n waktu gue diperhatiin dengan Yusrina, aku di  tanya.” kamu kenapa, senyum2 gitu?” ”dan aku pakai jurus berkelit alay. ” Oh, Tidak  ada sesuatu yang disembunyiin kok, saya sejak tadi fokus2 saja….” tiba-tiba temanku itu bingung dengan ucapanku ?!!!!! ”Oh, gitu kirain ada apa” (hehehehehehe… aman). Cek per cek  rupanya si Rudi lupa ambil pengeras suara untuk di kembalikan di ruang perlengkapan sekolah.Sambil mengerjakan soal, aku dengan gaya seorang detektif mengamati seksama gayanya.Tapi tiba2, di berbalik dan menegurku, Sambil mengangkat alisnya ” Hai, + senyum 1000 wattnya ” OMG,,,, I LOVE YOUR EYES, bisikku di dalam hati, dan aku hanya diam mengagumi dan kembali fokus ke tugas. Diapun fokus ke alat elektronik tersebut.ehmmm, truzzz apa yang terjadi selanjutnya…………….?????  Tanpa aku sadari dia sudah pergi beranjak dari kelasku. ouch,  aku melupakan MOMENT berkesanku -_-. ”Diah, kamu sudah selesai, ”eh, iya udah, silahkan menyontek,,,,, awwww,,,kecoplosan,,,, Guysss ada teman kita yang selesai, nyontek youuukkk. KEMOOOOOONNNNNNNNNNNNNNN riuh rendahpun mulai menggema. aduh, gini dech jadinya gara2 salting aku hampir gak ngerjain tugas.

Akhirnya selesai juga….

kringg……kring…..kring….jam pelajaran habis waktunya untuk istirahat.Saat istirahat inilah puncak keseruan disekolah dimulai. Ada yang kekantin, menonton sepak bola, main basket, dan para ababil berkumpul jadi satu. Hari itu aku pergi keruang guru untuk mengumpulkan seluruh tugas siswa kelas XI IPS 3. Aku ditemani oleh Yusrina.Setibanya di ruang guru,, Oh,Am I Dreaming? aku bertemu dengannya lagi, hanya saja ekspresi wajahnya sedikit berbeda.dia sangat serius dan gak bisa diajak kompromi. Sekali lagi aku tersenyum didalam hati melihat MASRUDI. :)).

 

Waktu Shalat…..

Aku dan temanku bergegas untuk ke mushallah untuk melaksanakan shalat Dzuhur, di jam ini, ada aja alasan buat para gadis untuk mangkir dari panggilan Allah, Dari yang masuk akal sampai yang mengada-ada.Itu kalau kita berhadapan dengan pengurus osis bagian keagamaan, pasti setiap shalat selalu ada absen.  Lucunya sering juga berakhir dengan adanya pengejaran oleh pak Guru kalau ada siswa (i) yang tidak shalat.Ah,,, masa -masa tergokil di MAN 1 Kendari yang tak terlupakan. Ketika aku dan Beberapa anak gadis mengambil wudhu, tanpa sengaja aku melirik lagi MASRUDI, dia selesai mengambil wudhu, *Astagafirullah sadar neng, udah ambil wudhu* untung aku segera sadar.Bodohnya…. dan siaplah kami melaksanakan shalat dzuhur. Hikmatnya suasananya.

”Alhamdulillah, akhirnya selesai juga kita shalat Rin,”. ”iya, lega banget”. ”apa jam terakhir pelajaran kita?” ehm,, Geografi.” Btw, kamu udah kerja pe-er bahasa arab belum?” Tanyaku pada Yusrina. ”Belum, aku sulit mengerjakannya”. 1-1 dech sama kamu.” Begitu komnetarku.

Sampai di dalam kelas,  kami semua bersiap belajar Geografi. “”Hmmm,,, bu soksweet lagi nih, gurunya ujar Dalle’. teman satu kelasku yang brewokan.

”eh, teman-teman hari ini bu guru tidak masuk, kita dikasih tugas lagi nih, katanya buka halaman 7-8, disitu ada perintah tugas agar kita mengerjakan soal-soal yang ada didalam buku itu.” Sahut Dendy si ketua Kelas.dan semuanya pun mengerjakan tugas itu dengan serius sampai habis jam ke 8.

JAM PELAJARAN TERAKHIR TELAH SELESAI WAKTUNYA BERGEGAS PULANG DAN MELANJUTKAN AKTIFITAS DIRUMAH….

HOREEEEE!!!!!!! Begitulah rona bahagia yang terpancar dari para siswa. bel pulang berbunyi, siswa-siswi berhamburan keluar dari dalam kelas masing-masing.canda tawa, gosip, n jail berlanjut hingga bel pulang.  ”See you tomorrow, GUys”’ itulah yang selalu meluncur dari mulut kami ketika akan berpisah.

”Yun, Pulang bareng yuk,” Sahutku. ayo, kita sama Melta Juga yach!, ” SIPPPP dech,  Ketika menuju gerbang, tidak disangka-sangka  aku bertemu dengan cowok IDOLAKU, MASRUDI. semua siswa tampak lelah + lapar *pastinya* dan berhamburan kiri kanan. Masrudi dan beberapa temannya, saling menyapa dan terlihat berjabat tangan. ” Sampai ketemu besok Mas Bro,” Yoi, frennnn… ”

Begitu tiba di depan Angkot, aku berusaha mencuri pandang, dan a Haaaaaa,, ketahuan. dia tidak menyapa seperti waktu jam pertama, tapi dia terus memperhatikan, entah apa yang dilihatnya. ”Diah, ayo naik. ”Oke-oke, aku naik.”

Perjalanan Dari Rumah menuju Sekolah, Sangat melelahkan namun berkesan di Hari pertama. Selamat berjumpa di hari esok  teman ^^

NT : Kisah ini 70% real

30 % ada yang fiktif.

Tp yang jelas kenangan itu terjadi pada saat masih kelas 2 SMA.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kedudukan dan peranan timbal balik hukum dan sistem pergaulan hidup manusia (BAG II End)

Published 7 September 2012 by akunurmadiah

Pada kesempatan kali ini, saya akan melanjutkan pembahasan yang saya tulis kemarin.erlu ada aturan atau pengaturan mengenai soal-soal kekeluargaan, benda dan harta kekayaan, jaminan ketretiban dan keamanan, ketaatan terhadap perjanjian-perjanjian, nilai kehormatan diri, dan badan berikut jiwa para anggota masyarakat.Jika dalam masyarakat itu dibentuk suatu sistem kekuasaan publik, seperti negara dalam suatu masyarakat bangsa, maka keamanan dan ketertiban kekuasaan publik itu pun harus mendapat pengaturan dan jaminan.

Dan sebagai hukum, aturan-aturan sebagai kaidah hidup dalam pergaulan masyarakat itu sebenarnya mencerminkan cita-cita atau sistem nilai yang berlaku umum dalam masyarakat itu.Jika ada pelanggaran oleh anggota masyarakat maka kepentingan yang dirugikan harus diganti atau diperbaiki; peratutran harus dipertahankan dan si pelanggar dikenakan sanksi hukuman, yang dapat dipaksakan kepadanya oleh alat kekuasaan publik.

Dari uraian di atas dapat kita menyatajkan bahwa masyarakat yang tidak ada hukumnya, atau masyarakat yang tidak suka menaati aturan -aturan hukumnya, sama dengan masyarakat yang tidak mengin dahkan batas-batas ketentuan hak dan kewajiban para anggotanya dengan kekuasaan publiknya. Untuk jelasnya, batas-batas hak-kewajiban mereka mungkin hanya ditentukan oleh sopen santun, moral, dan kepercayaan keagamaan saja! Jika ada pelangaran, maka sanksinya pun secara aturan sopan santun, morfal, dan kepercayaan keagamaan juga. Dari sudut hukum, mungkin sekali di dalam masyarakat demikian yang berlaku adalah hukum rimba. Siapa yang kuat ialah yang berhak1

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tulis, Jangan cepat puas cari lagi ysebanyak-banyaknya……^^

Referensi: Buku Pengantar Ilmu Hukum Dan Pengantar Tata Hukum IndonesiaEdisi IV , di ambil dari Bab I TENTANG PIH,PTHI,DAN STUDI HUKUM Hal 8-10 penerbit ”TARSITO” BANDUNG

Kedudukan dan peranan timbal balik hukum dan sistem pergaulan hidup manusia (BAG 1)

Published 6 September 2012 by akunurmadiah

Tiap masyarakat sebagai suatu sistem pergaulan hidup manusia, dulu maupun sekarang dan di daerah manapun di dunia ini, mengenal sistem hukumnya. Tidak ada masyarakat yang tideak mempunyai sistem hukumnya, betapapun bentuk formal serta materialnya dari sistem hukum itu.

Dapatkah kita membayangkan adanya suatu masyarakat tanpa hukum yang berlaku untuk mengatur dan mempertahankan sistem pergaulan hidup para anggotanya? Seandainya  ada masyarakat demikian, maka di sana tidak ada peraturan dan ketentuan umum yang menetapkan batas-batas hak dan kewajiban seseorang ataupun kelompok keseluruhannya.

Ambillah suatu contoh terkecil masyarakat keluarga.Jika tidak ada hukum dalam keluarga, maka di sana tak ada pula aturan apa yang menjadi hak dan kewajiban para anggotanya. Apa hak dan kewajiban ”suami” terhadap ”istrinya”? Sebaliknya, apa pula hak dan kewajiban ”istri” terhadap suaminya? Mungkin bahkan, jika tidak ada hukum di sana, tidak adaorang yang berkedudukan suami dan istri. Sebab mungkin sekali mereka hanya kenalan saja, atau partner saja. Lebih lanjut sama halnya dengan hak dan kewajiban orang tua terhadap anaknya secara timbal balik, jika tidak ada hukum dalam keluarga itu, maka sesuatunya tidak menentu tanpa jaminan, tanpa ketertiban, tanpa kepastian, dan tanpa nilai-nilai yang dapat diakui baik-buruk secara umum.

Ambil lagi contoh masyarakat lain yang lebih besar, seperti kampung, desa, kota dan masyarakat suatu bangsa! Sebagai manusia, para anggota masyarakat itu untuk mempertahankan serta memajukan hidupnya mempunyai banyak keperluan atau kebutuhan. Sebagai makhluk hidup mereka pun mempunyai kesadaran dalam arti pengetahuan, kreativitas, perasaan, dan kemauan atau cita-cita. Dengan potensi dan kemampuannya itu mereka berperilaku, serta sambil berperilaku itu mereka membuat penilaian atau pilihan dan ketususan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang dibolehkan dan mana yang dilarang.

Dalam tiap pergaulan hidup itu para wa rganya atau anggotanya mempunyai kebutuhan dan kepentingan, yang dapat diklasifikasikan salam :

  1. kebyutuhan fisiologis, seperti makanan, minuman, pakaian, perumahan, seks.
  2. kebutuhan keamanan, ketertiban, dan ketentraman dari gangguan, ancaman atau serangan pihak lain.
  3. kebutuhan akan kerja sama yang saling menguntungkan atau kerja sama untuk tujuan-tujuan kolektif.
  4. kebutuhan akan kehormatan dirinya, akan penghargaan sebagai manusia yang bermartabat dan berkebudayaan.
  5. kebutuhan akan eksistensi dirinya dengan jiwanya yang merdeka, yang memiliki daya logika, etika dan estetika atau nalar dan kreativitas guna membudayakan dirinya.